Simak Ini, Bansos April Dipercepat Akhir Maret Ini

Wartaterbaru.com-Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan pihaknya akan mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) bulan April ke minggu terakhir Maret. Untuk itu pihaknya meminta bantuan daerah untuk memadankan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Risma menjelaskan target program bantuan di Kementerian Sosial, untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah 18,8 juta KPM, Program Keluarga Harapan (PKH) 10 juta KPM, dan Bantuan Sosial Tunai (BST) 10 juta KPM.

Selama beberapa bulan Kemensos melakukan perbaikan dan evaluasi data dengan daerah, bank penyalur maupun PT Pos, hasilnya belum mencapai angka.

“Kemudian ini belum sesuai karena ada beberapa daerah yang belum 100% memadankan data dengan data kependudukan. Ada kurang lebih yang kita harus jemput perbaikan datanya. Jadi kami menurunkan staf, kerja sama dengan daerah, kami menurunkan staf untuk mempercepat di 514 kabupaten/kota,” sebutnya.

Risma menjelaskan pihaknya turut bekerja sama dengan Ditjen Dukcapil terutama pada wilayah terpencil di Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Itu harus dilakukan karena data yang dikeluarkan harus benar-benar valid.

Disampaikannya, dari data yang kurang itu akan dipenuhi. Hasil rapat terbatas dengan Presiden Jokowi dan para menteri, pihaknya diizinkan untuk memenuhi target yang telah ditetapkan.

“Jadi misalkan BPNT 18,8 juta akan dipenuhi karena banyak usulan dari daerah dan untuk pengganti yang meninggal dan sebagainya. Karena itu kami tetap menunggu dari daerah untuk usulan-usulan tersebut,” papar Risma.

Baca Juga »  Cara Daftar BLT Ibu Hamil & Balita PKH dtks.kemensos.go.id

Cara Mendapatkan Bantuan Uang Tunai Dari Pemerintah Klik  Ini  

Dia berharap untuk bansos Maret bisa direalisasikan di minggu keempat di bulan ini, begitu pula untuk bantuan April.

“Target untuk bulan April kami akan serahkan pada bulan Maret sehingga masyarakat bisa melakukan pembelanjaan segera. Seluruhnya kita gunakan uang elektronik atau penyalurannya melalui sistem non tunai. Jadi semua lewat himbara (bank BUMN) dan PT Pos,” jelas Risma.

“Kami mohon daerah mendukung ini sehingga April yang  akan berikan di minggu terakhir Maret bisa terealisasi dengan baik,” sambungnya.

Khusus untuk pendataan KPM di daerah-daerah terpencil, Kemensos akan melakukannya secara paralel.

Sumber : finance.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.