WhatsApp dan Telegram, Kamu Team Mana?

Telegram menyodorkan end-to-end encryption dan membuat penggunanya bisa menyetel timer untuk ‘self-destruct’ alias menghapus pesan secara otomatis dengan waktu yang spesifik.

Pengguna Telegram juga akan mendapatkan notifikasi ketika seseorang melakukan screen shoot. Selain itu, pesan rahasia juga tidak bisa di-forward sehingga tak perlu lagi takut chat bersifat konfidensial tersebar.

Begitu juga untuk urusan pengiriman file, Telegram selangkah lebih unggul karena mampu mengirim hingga 1,5 GB.

Di platform ini juga tersedia banyak jenis bot seperti bot GIF, bot gambar dan bot stiker. Selain itu, penyimpanan cloud Telegram memungkinkan gambar, pesan teks, file media, dan dokumen disimpan di cloud.

Satu lagi nih keunggulan Telegram. Ketika meminta pertemanan, Telegram tidak mengharuskan kamu memiliki nomor telepon. Masing-masing pengguna memiliki link user name unik yang bisa dibuat sendiri.

Keunggulan WhatsApp

Tentu saja WhatsApp menang untuk urusan jumlah pengguna. Kini, WhatsApp telah memiliki 2 miliar pengguna di sebagian besar negara — kecuali negara-negara yang menolak WhatsApp seperti China, Suriah, Korea Utara, dan Kuba. Itu artinya, lebih banyak orang yang dapat terhubung dengan kamu melalui platform yang satu ini.

WhatsApp juga menggunakan end-to-end encryption untuk aplikasinya. Memungkinkan pula untuk melakukan video call hingga 4 orang secara bersamaan.

Paling penting, pengirim bisa mengetahui saat pengguna lain tengah online, mengetik pesan atau centang biru ketika pesan terbaca (jika memang diatur demikian).

Baca Juga »  X8 Speeder, Aplikasi Mempercepat Game Domino

Leave a Reply

Your email address will not be published.