Cegah WhatsApp Dibajak, Aktifkan Two Step Verification Ini Caranya

Wartaterbaru.com – Aplikasi WhatsApp menjadi salah satu platform yang menjadi target peretasan. Peretasan bisa berdampak pada penyalahgunaan akun seperti penyamaran dan penipuan yang sangat merugikan pengguna.

Hal seperti itu bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali orang biasa seperti kita. Untuk itu, sangat penting untuk memperkuat sistem keamanan WhatsApp untuk mencegah peretasan hingga pencurian akun.

Lihat  artikel pembacakan Whatsapp Terbaru : Awas Whatsappmu Di Hack, Perhatikan Ini

WhatsApp sendiri sudah menyediakan fitur keamanan yang bisa dimanfaatkan untuk menambah lapisan keamanan akun. Selain teknologi enkripsi untuk mengamankan pesan, ada juga fitur Two Step Verification alias verifikasi dua langkah.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyetel kode keamanan yang akan diminta setiap kali kamu login dengan nomor WhatsApp di smartphone baru. Fitur ini juga sekaligus mampu mendeteksi apabila ada seseorang yang mencoba login ke akun milikmu.
Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur Two Step Verification ini? Berikut langkahnya.

Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas aplikasi di smartphone.

  1. Pilih menu Settings.
  2. Masuk ke pengaturan Account.
  3. Pilih Two Step Verification.
  4. WhatsApp akan memintamu untuk mengaktifkan Two-step Verification menggunakan PIN.
  5. Tekan Enable di bagian bawah untuk mengaktifkannya.
  6. Buat PIN dengan memasukkan 6 digit angka sesuai dengan yang kamu inginkan. Hindari menggunakan kombinasi angka nomor ponsel, tanggal lahir atau alamat rumah.
  7. WhatsApp akan memintamu untuk memasukkan alamat email yang akan terintegrasi dengan akun, kalau suatu hari kamu ingin mengganti PIN.
  8. Selesai. Fitur Two-step Verification berhasil terpasang.

Penting untuk selalu mengingat PIN itu ya. Kalau Sampai lupa bisa-bisa kamu akan kehilangan akses ke nomor itu. Tapi dengan adanya integrasi ke email, mungkin juga aplikasi chatting ini akan menawarkan fitur Forgot PIN.

Baca Juga »  Inilah 5 Cara Merubah Nomor Whatsapp Menjadi Nomor Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published.