Sudah Cair, Bantuan Kuota 15 GB Kemendikbud, Klik Cara Ini Supaya Dapat!

Bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai dicairkan hari ini, Kamis (11/3/2021).

Penerima bantuan mulai dari peserta didik jenjang PAUD hingga dosen serta mahasiswa. Rincian bantuan kuota data internet dibagi menjadi empat kategori yaitu sebagai berikut: Peserta Didik Jenjang PAUD: 7 GB/bulan. Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: 10 GB/bulan. Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah: 12 GB/bulan. Dosen dan Mahasiswa: 15 GB/bulan.

Rincian bantuan kuota internet Kemendikbud 2021:

  • Peserta didik PAUD mendapat 7 GB/bulan
  • Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 10GB/bulan
  • Pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 12 GB/bulan
  • Mahasiswa dan dosen mendapat 15 GB/bulan.

Bantuan kuota internet Kemendikbud 2021 merupakan kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai situs dan aplikasi. Namun hal ini tidak berlaku untuk website yang dilarang.

Daftar situs yang tidak bisa diakses dengan bantuan kuota internet Kemendikbud 2021:

  • Situs yang diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika
  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook
  • Tiktok

Daftar situs dan aplikasi ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan pemerintah.

Cara cek bantuan sudah masuk atau belum?

Plt Kepala Pusdatin Kemendikbud Hasan Chabibie menjelaskan nantinya akan ada pemberitahuan atau notifikasi dari operator masing-masing.

“Ada kiriman notifikasi dari para provider,” katanya pada Kompas.com, Kamis (11/3/2021). Lanjutnya, notifikasi tersebut berupa SMS.

Selain itu juga bisa dicek di aplikasi operator masing-masing. Kendati demikian, penyaluran bantuan kuota tidak serentak hari ini. Hasan menjelaskan, ada waktu tiga hari hingga 15 Maret untuk menyalurkan bantuan ini. Sehingga, bagi yang belum menerima, kemungkinan akan menerima besok atau lusa.

informasi lebih lanjut soal bantuan kuota internet Kemendikbud 2021 bisa diperoleh di link https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id. Bantuan disalurkan ke nomor handphone yang terdaftar dalam Dapodik setelah proses verifikasi dan validasi.

Baca Juga »  Baca di Sini, Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Penyaluran bantuan kuota internet Kemendikbud 2021 tidak menuntut penerima menggunakan nomor baru. Jika besaran bantuan tidak sesuai aturan dan menggunakan nomor baru/perdana, dapat dipastikan bukan program resmi Kemendikbud.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.