Sersan Dua Aprilia Manganang, 29 Tahun Jadi Wanita, Resmi Menjadi Laki-Laki

Konfrensi Pers KASAD

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, mengumumkan bahwa mantan atlet voli yang juga berpangkat TNI Sersan Dua (Serda), Aprilia Manganang adalah seorang laki-laki. Hal itu ia sampaikan pada Selasa 9 Maret 2021 saat menggelar konferensi pers terkait kondisi Aprilia Manganang.

Dikenal Sebagai Atlet Perempuan

Sebelum ini, secara luas publik telah mengenal sosok Aprilia sebagai seorang perempuan. Bahkan ia juga adalah mantan atlet voli putri nasional dan sempat bergabung dengan Korps Wanita TNI Angkatan Darat.

Namun, setelah melalui pemeriksaan medis pada 3 Februari 2021, Aprilia dinyatakan mengalami kelainan hipospadia. Kelainan ini merupakan kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung.

Kelainan Hipospadia

Perlu diketahui Hipospadia merupakan kondisi kelainan bawaan relatif jarang saat lubang pipis penis pada bagian bawah organ. Dan kelainan ini biasanya menimpa bayi yang keluarganya memiliki riwayat kelainan serupa.

Di beberapa kasus penis kemungkinan bengkok ke bawah, sehingga bayi menyemprot ke bawah ketika buang air kecil. Untuk mengembalikan fungsi organ vital si penderita, tindakan medis yang dilakukan biasa melalui jalan pembedahan alias operasi. Dan hanya bisa dilakukan saat penderita berusia 18 bulan.

“Anak ini termasuk dalam kasus Hipospadias serius sehingga paramedis, yang membantu kelahirannya, dan orang tua menilai secara fisik, bahwa dia perempuan,” ucap Andika.

“Dari pemeriksaan urologi, Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki-laki, bahkan tidak ada organ-organ internal jenis kelamin perempuan,” tegasnya.

Ucapan Selamat Dari Rekan

Aprilia Manganang (Foto: Instagram/@berllian5)

Aprilia Manganang (Foto: Instagram/@berllian5)

Hal ini kemudian membuat mantan rekan setim Aprilia yakni Berllian Marsheilla angkat bicara. Berllian yang pernah menjadi rekan Aprilia dalam skuad Timnas voli putri Indonesia pun menghormati dan menghargai situasi tersebut.

Baca Juga »  Lebih Cepat Menular, Waspada Varian Covid B117 Sudah Masuk Indonesia

Berllian juga tak lupa memberikan kepada Aprilia yang telah menjadi teman perjalanan kariernya di dunia voli. Bahkan ia merasa bangga karena pernah bermain bersama dengan pria asal Sulawesi Utara tersebut.

“Kamu telah memilih dan itu pasti jadi yang terbaik buat hidup kamu. Saya bangga dengan kamu,” ucap Berlian dalam unggahannya di Instagram @berllian5.

Sementara itu, Aprilia merasa sangat senang dengan perubahan status yang ia alami dari perempuan menjadi laki-laki. Ia mengaku sangat bersyukur karena keinginannya untuk mendapatkan kejelasan tentang jenis kelaminnya mampu terwujud.

Aprilia Manganang Sangat Bersyukur

“Saya sangat bahagia, sangat bersyukur. Saya sangat berterima kasih. Keinginan saya akhirnya bisa tercapai,” tutup Aprilia.

“Ini momen yang sangat saya tunggu Bapak, ini momen yang saya nanti-nanti selama ini. Saya sangat bahagia, selama puluhan tahun akhirnya keinginan saya tahun ini bisa terkabul. Terima kasih Bapak KSAD, terima kasih para dokter yang telah membantu Saya,” katanya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.