Nama Obatnya Sama, Merknya Beda, Harganya pun beda

Obat sama, Merek dan Harga Beda?

Kenapa bisa seperti itu berikut thread bagus yang di cuitkan di akun twitter @omnifore tanggal 20 Feb 2021 Kemarin bagus kita simak.

Kalian pasti pernah kan pas beli obat di apotek ditawarin ada yg harganya murah trs ada yg harganya mahal? iya merknya emang beda tapi disini yang bakal aku bahas lebih ke teknologi yang dipakai buat menciptakan obat tersebut. bingung? oke mari kita mulai

selain merk dan nama obatnya, ada yg suka meratiin tulisan-tulisan kaya gini ga?
ini baru salah satu dari sekian banyak teknologi yang dipakai buat menciptakan obat dengan tujuan biar efektivitas obatnya jauh lebih baik

1. Tablet salut film

obat yg pake teknologi ini tuh dikasih lapisan polimer buat ngelindungin tabletnya biar pas diminum ga terlalu kerasa pahit, biar ga terurai di lambung (jadi orang yang punya penyakit lambung bisa aman deh minumnya)

2. Tablet salut gula

ini teknologi biasanya banyak dipake di obat obat antibiotik, kenapa? karena antibiotik tu pait banget (mostly). jadi kalo dilapisin gula kan jadi ga kerasa pahitnya, jadi lebih patuh deh minum antibiotiknya, ga putus-putus kek hubungan klean

3. Tablet salut enterik

ini tablet tuh dilapisin sama senyawa semacem selulosa biar dia tu ga ancur di lambung. biasanya dipake buat obat2 yang ga tahan sama suasana asam jadi didesain biar dia ancurnya pas sampe usus aja.

4. Tablet kunyah

kalo ada obat dengan embel2 kaya gini, biasanya obatnya tuh punya rasa yg lumayan enak, ga pahit kaya obat pada umumnya. kenapa dikunyah? efenya lebih cepet karena udah ancur duluan dari mulut, jadi pas nyampe tubuh tuh tinggal diserap aja dan berasa efeknya

Baca Juga »  Adu Stok Beras Nasional, Panen Raya Vs Import Beras, Siapa Yang Menang?

5. Tablet lepas lambat diperpanjang (Sustained Release, Extended Release)

tablet kaya gini tuh biasanya dipake buat obat obat buat penyakit kronis semacem diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dll gitu. jadi dia tuh biasanya dosisnya gede tapi dia nglepasin dosisnya pelan-pelan jadi efeknya bakalan kerasa lebih lama daripada tablet tablet biasa. nah kenapa banyak penyakit kronis pake obat dengan teknologi ini? karena kalo durasinya efek lama, frekuensi minum obatnya jadi lebih dikit deh

6. Tablet effervescent

dari sekian banyak tablet modifikasi, setauku ini jenis tablet yg harganya paling mahal Face with tears of joy kalo diitung-itung 1 tabletnya bisa 5-10rb an harganya. ini tuh tablet yang dimasukin ke segelas air terus bunyi “cessssss”

kenapa dia bisa semahal itu? karena buat bikin tablet kaya gitu butuh ruangan khusus, mesin nya pun juga khusus. dan ini tablet tuh sensitif banget sama udara, makanya ga heran itu wadahnya pun beda kan, bahannya bukan lagi plastik tp udah semi alumunium
terus tutupnya itu jg rapet banget, tabletnya masih dibungkus lagi sama alumunium foil. makanya kalian kalo punya obat kaya gini nyimpennya kudu bener2 hati hati ya gais. biar kualitasnya terjaga dan tetep bunyi “cesssss” pas dilarutin air terus kerennya si effervescent ini, dia biasanya punya dosis yg lebih besar, komposisi obatnya juga bisa lebih banyak, dan rasanya pun enak.

7. Tablet bukal

ini salah satu tablet dengan penggunaan khusus ya, jadi cara minumnya itu agak beda, selipin tabletnya diantara gusi dan pipi, nanti lama2 obatnya bakalan larut trs ilang deh. kok gitu cara minumnya? aku jelasin di next tweet!

Baca Juga »  Yuk Simak : Taruna Akpol Tahun 2021 Dibuka, Ini Cara Daftarnya

8. Tablet sublingual

kalo beli obat ada embel-embelnya kaya gini berarti minumnya dengan cara diselipin tabletnya dibawah lidah, nanti obatnya juga bakal hilang sendiri kok

tablet jenis bukal sama sublingual ini emang dia beda, penyerapan obat ini pake lapisan mucosa mulut. emang apa bedanya diserap dipencernaan sama di mulut? kalo di mukosa mulut, efeknya jauh lebih cepet daripada di pencernaan yg kudu nunggu 30 menit-1 jam efeknya

tablet bukal emang jarang banget sih, tapi salah satu contohnya tuh biasanya obat2 hormonal gitu. terus kalo yang sublingual itu biasanya buat penyakit serangan jantung, kebayang kan kalo serangan jantung kan butuh efek yang cepet, makanya teknologi ini nguntungin banget

9. Tablet hisap

disini masih adakah yang konsumsi vitamin semacem ini tapi dikunyah? Face with tears of joy
jadi tablet yang ada embel embel tablet hisap, itu ya dikonsumsinya kaya ngisep permen biasa. kenapa cara minumnya gitu?–

obatnya kan dihisap tuh, jadi larutnya kan dikit-dikit terus dia itu nanti diserapnya langsung di mukosa mulut, bukan lagi di pencernaan. kan yang sering pake teknologi kaya gini tuh vitamin ya, vitamin kan rada rada sensi kalo di lambung bikin ga nyaman, makanya dimodifikasi pake tablet hisap ini biar keserapnya lewat mulut aja gitu

Conclusion-

jadi obat yang harganya mahal selain karna faktor merk dan jenisnya (paten) ada faktor lain seperti modifikasinya yang butuh teknik, bahan serta mesin yang khusus agar obat itu bisa jauh lebih efektif daripada obat dengan jenis yang sama dan tanpa modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.