Alumni PraKerja Bakal Dapat Bantuan Modal Hingga 10 Juta, Apa Syaratnya?

Kabar terbaru dari Program Prakerja, disampaikan bahwa Pemerintah akan memberikan bantuan modal berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi alumni kartu PraKerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan.

Program ini juga seiring sejalan dengan transformasi Kartu PraKerja yang saat ini menjadi semi bantuan sosial.

Menurut Kemenko Perekonomian, KUR super mikro ini menargetkan kelompok rentan miskin yang saat ini tidak menjadi target penerima bantuan sosial mana pun.

Baca Juga »  Alami Ganguan Situs Prakerja Masih Di Buka 2 Hari Ini

Berdasarkan data di bulan Desember 2020, terdapat 43,8 juta pendaftar di situs resmi Program Kartu Prakerja . Jumlah ini berasal dari 514 kabupaten dan kota dari 34 provinsi di Indonesia.

Dan dari gelombang 1-11, sudah ada 5,98 juta orang yang ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja. Dengan 5,23 juta orang di antaranya saat ini sudah menerima insentif.

Sedangkan Kabar terbaiknya berdasarkan informasi Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja terdapat sekitar 19,5 ribu alumni sudah menyatakan diri sebagai wirausaha.

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, dalam keterangan tertulisnya kepada media, Jumat (05/03/2021). “Statistik Manajemen Kartu Prakerja menunjukkan bahwa 35% penerima Kartu Prakerja yang dulunya tidak bekerja kemudian menjadi bekerja, dimana 17%-nya menjadi wirausaha”

Program KUR super mikro ini diharapkan dapat memberikan dukungan kepada alumni Kartu PraKerja yang menjadi wirausaha skala mikro untuk dapat meningkatkan bisnisnya.

“Jika pelaku usaha dari Alumni Kartu Prakerja ingin meningkatkan kualitas dan skala produksinya maka akan membutuhkan tambahan modal. Dan program KUR dalam hal ini bisa digunakan untuk menaikkan skala usaha Alumni ke depan” Papar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin.

Hal ini diharapkan mendorong pencapaian target pertumbuhan wirausaha nasional.

Baca Juga »  Anda Pengusaha Kecil? Anda berhak Bantuan Tunai 3,5Juta, Baca di sini selengkapnya.
Baca Juga »  Miliki Rekening Kartu Prakerja di BNI, Dapat Pelatihan & Modal Kerja.

Seperti yang diberitakan sebelumnya target Pemerintah untuk rasio kewirausahaan nasional sebesar 3,9% dan target pertumbuhan wirausaha baru sebesar 4%, hal sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Selain menyandang status sebagai alumni, ada syarat lain yang harus dipenuhi, yaitu alumni Kartu Prakerja yang menjadi wirausaha tidak bekerja di pekerjaan lain yang sudah tetap. Alumni Kartu Prakerja yang menjadi wirausaha dan merupakan korban pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mendapatkan fasilitas ini.

Hingga saat ini untuk syarat dan prosedur lainnya belum dijelaskan oleh pemerintah. Namun beberapa syarat umum pada program KUR Super Mikro dapat di jabarkan sebagai berikut :

Pertama, diberikan ke usaha skala mikro. Kedua, usaha boleh berdurasi singkat. Ketiga, belum pernah menerima KUR.

Baca Juga »  Korupsi Bansos : KPK Panggil Kader PDIP Ngesti Nugraha Sehari Sebelum di Lantik Gubernur.

Bila memenuhi syarat di atas, secara umum KUR bisa diajukan ke bank-bank mitra pemerintah yang selama ini sudah menyalurkan KUR. Untuk pagu kredit, sebelumnya mulai dari Rp4 juta dan maksimal Rp10 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.