Kartu Sembako, Program Bantuan NON Tunai Setiap Bulan!

Saat ini pemerintah menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk mengurangi dampak COVID-19 pada ekonomi masyarakat rentan miskin seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu sembako, bantuan sembako khusus hingga bansos Dana Desa untuk menjaga kebutuhan pangan serta kesehatan.

Untuk infromasi Bansos Desa bisa di artikel Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos  Menyasar 10 Juta Keluarga di seluruh Indonesia

Kartu Sembako atau yang dulunya disebut dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan yang disalurkan secara nontunai setiap bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pendaftaran dilakukan secara offline bagi yang telah memiliki KPM.

Bantuan Kartu Sembako

Dalam kondisi saat ini, pemerintah melakukan penyesuaian penerima, besaran dan waktu diterimanya manfaat agar bantuan sosial menjadi tepat guna. Untuk Kartu Sembako, penerima manfaatnya naik dari 15,2 juta KPM menjadi 20 juta KPM. Jumlah besaran manfaat naik dari Rp.150.000/KPM/bulan (Januari-Februari) menjadi Rp 200.000/KPM/bulan (Maret-Desember).

Kartu Sembako bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dasar pangan. Sebelumnya, kebutuhan pokok yang dapat diterima hanya terdiri dari komoditas beras dan telur. Saat ini, lebih bervariasi tidak hanya beras tetapi jenis karbohidrat lain, tidak hanya telur untuk protein hewani, tetapi juga protein nabati, sayuran hingga buah.

Cara Mendapatkan Kartu Sembako

Pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dilakukan oleh Kementerian Sosial

Calon KPM akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan

Data yang telah diisi oleh calon penerima diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten

Calon KPM perlu membawa data pelengkap seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, NIK (jika ada), dan Kode Unik Keluarga/Individu dalam Data Terpadu

Baca Juga »  Frustrasi Gagal Terus Upload Foto KTP Saat Daftar Kartu Prakerja, Pake Cara ini !

Kreteria Lengkap untuk Mendapatkan Kartu Sembako

PERSYARATAN UNTUK MENJADI KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) KELUARGA DAN ATAU SESEORANG MISKIN DAN RENTAN YANG TERDAFTAR DALAM DATA TERPADU PROGRAM PENANGANAN FAKIR MISKIN, DIOLAH OLEH PUSAT DATA DAN INFORMASI KESEHJAHTERAAN SOSIAL DAN DI TETAPKAN SEBAGAI KELUARGA PENERIMA MANFAAT PKH DENGAN KRETERIA:
1. KRETERIA KOMPONEN KESEHATAN
a) IBU HAMIL/ MENYUSUI
b) ANAK USIA 0 SAMPAI DENGAN 6 TAHUN
2. KRETERIA KOMPONEN PENDIDIKAN
a) ANAK SEKOLAH DASAR (SD), MADRASAH IBTIDAIYAH(MI) ATAU SEDERAJAT
b) ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP), MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ATAU SEDERAJAT
c) ANAK SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA), MADRASAH ALIYAH(MA) ATAU SEDERAJAT
d) ANAK USIA 6 s/d 21 TAHUN YANG BELUM MENYELESAIKAN WAJIB BELAJAR 12 TAHUN
3. KERETERIA KOMPONEN KESEHJAHTERAAN SOSIAL
a) LANJUT USIA MULAI 60 TAHUN KEATAS
b) PENYANDANG DISABILITAS DIUTAMAKAN PENYANDANG DISABILITAS BERAT

Tahapan Verifikasi

Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Penerima bantuan sosial yang telah memiliki KKS dapat langsung datang ke e-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat.

Untuk Bansos lain anda bisa baca lebih di artikel lainnya disini. dan jika anda belum memiliki KTP anda tetap bisa mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah seperti yang di tulis dalam artikel Tanpa KTP anda tetap bisa memperoleh BST Kemensos 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.