Apa itu Clubhouse dan mengapa Viral?

Aplikasi ini gabungan antara aplikasi talkback radio, teleconfrence, houseparty, Clubhouse adalah aplikasi jejaring sosial obrolan (chat) suara. Pengguna dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang yang menarik berbagai topik – seperti memutar podcast tetapi siaran langsung dengan tambahan lapisan eksklusivitas lainnya.

Clubhouse hanya bisa melalui undangan, seperti awal- awal gmail. Kita tidak bisa langsung mengunduhnya dari App Store misalnya. Seperti banyak di club-club sosial di kehidupan nyata , kita harus diundang untuk bergabung dengan anggota yang ada. Semacam club elit dunia virtual sebenarnya.

Ekslusifitas yang dimiliki aplikasi Clubhouse sendiri dinilai menjadi dasar kuat mengapa valuasi dari aplikasi ini begitu besar, meski penggunanya belum terlalu banyak. Di beberapa negara, bahkan undangan pengguna baru Clubhouse sampai diperjualbelikan.

Chatroom topic Clubhouse

Saat bergabung, kita dapat memilih topik yang menarik minat kita, misal teknologi, bisnis, atau kesehatan. Semakin banyak informasi yang kita berikan tentang minat kita, semakin banyak juga aplikasi akan merekomendasikan untuk mengikuti atau bergabung dengan lebih banyak ruang obrolan dan individu.

Ruang obrolan sama seperti konferensi telepon, tetapi dengan beberapa orang di panggilan bicara, sebagian besar mendengarkan. Seperti panggilan telepon, setelah percakapan selesai, ruangan ditutup. Tidak seperti Twitch – di mana video langsung tetap berada di platform bagi orang untuk kembali dan menonton – obrolan suara langsung menghilang di ruang obrolan. Dalam aplikasi Clubhouse, tidak ada gambar, video, atau bahkan teks karena aplikasi ini berbasis hanya pada audio, intinya podcast live.

Bagaimana cara mendapatkan undangan Clubhouse?

Untuk bergabung, pengguna Clubhouse saat ini harus mengirim undangan dari aplikasinya yang memberi kita akses ke pengaturan akun. Jika diundang, kita akan melihat tautan ke nomor telepon, yang mengarahkan kita ke halaman pendaftaran di aplikasi.

Baca Juga »  Apa Itu Virtual Private Server Murah? Ketahui Fungsinya

Namun, pengguna Clubhouse tidak bisa mengirim undangan kebanyak orang, pengguan hanya dibatasi dua undangan. Dan Clubhouse saat ini hanya tersedia di iOS dan untuk android masih dalam pengembangan .

Dalam sebuah posting blog baru-baru ini, pengembang mengumumkan bahwa untuk 2021 mereka masih menyelesaikan fase beta aplikasi, sehingga masih diberi akses bebas menjadi anggota clubhouse ke seluruh dunia.

Clubhouse saat ini dipandang sebagai aplikasi yang keren, yang memungkinkan orang untuk terlibat dalam percakapan tentang topik tertentu. Clubhouse sudah ada sejak Maret 2020, ketika diluncurkan oleh pengusaha Silicon Valley, Paul Davidson dan Rohan Seth. Pada Mei 2020, aplikasi ini hanya memiliki 1.500 pengguna, dan bernilai $100 juta.

Clubhouse Chatroom

Clubhouse pertama kali dikenali oleh masyarakat berkat Elon Musk. Elon Musk adalah pendiri Tesla, SpaceX, dan banyak perusahaan lainnya, membuat debut vokal di platform startup terbaru dan paling keren di Silicon Valley saat ini dengan mengadakan sesi obrolan bersama Robinhood CEO, Vlad Tenev, mengenai dinamika pasar dengan platform ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.