Kudeta Myanmar: Bagaimana Militer Membatasi Internet

Dengan militer Myanmar berkuasa selama akhir pekan setelah dituduh menebang pemilu, internet terputus di sebagian besar negara itu.

Tingkat penuh gangguan hanya berlangsung beberapa jam, setelah itu banyak layanan kembali.

Jadi apa yang terjadi?

Bagaimana Internet Mati
Pembatasan internet dilaporkan pada hari Senin pukul 03:00 waktu setempat (2030 GMT Pada hari Minggu).

Konektivitas internet turun menjadi 50% dari tingkat normal pada pukul 8:00 waktu setempat ketika orang-orang bangun dan memulai hari mereka untuk berita pengambilalihan tentara.

“Tentara memotong media televisi dan radio negara, saluran telepon lokal dan Internet membuat orang-orang cacat di seluruh negeri,” cuit jurnalis Myanmar Reuters dan Loon.

Pembaruan: Konektivitas internet di #Myanmar telah turun menjadi 50% dari tingkat normal pada pukul 8:00 pagi .m. waktu setempat .m di tengah kudeta militer yang jelas dan penahanan para pemimpin sipil; pola gangguan yang menunjukkan perintah pemadaman listrik komunikasi terpusat 📵

— NetBlocks (@netblocks) 1 Februari 2021
BBC tidak bertanggung jawab atas konten situs web eksternal.
Lihat tweet asli di Twitter
Data dari layanan pemantauan internet Netblock menunjukkan gangguan pada operator jaringan, termasuk saham Myanma and Telecommunications (MPT) milik negara dan operator internasional Telenor.

Netblocks mengatakan temuannya mengacu pada “mekanisme urutan pusat filibuster … Kemajuan dari waktu ke waktu dengan kepatuhan operator.”

Pada tengah hari, konektivitas internet telah kembali ke 75% dari aktivitas normal.

Sebuah jalan terkepung di Naypyidaw, ibukota
Gambar hak cipta Getty Images
Keterangan gambar Tentara ditutup di ibukota Naypyidaw
Perbedaan regional
Beberapa bagian Myanmar, juga dikenal sebagai Burma, lebih ketat daripada yang lain.

Intellectual Property Observatory, yang melacak konektivitas internet di seluruh dunia dan berbasis di Monash University di Australia, menemukan bahwa beberapa daerah sangat terganggu.

Baca Juga »  Baca ini, Alamat Palsu Situs Prakerja, BAHAYA

Daerah Maguire melaporkan koneksi internet nol pada satu titik.

Komunikasi di Yangon, kota terbesar di negara itu, telah turun menjadi sekitar 50 persen dibandingkan dengan tanggal reguler. Membatasi Internet di kota-kota besar cenderung lebih sulit, karena pengguna akan memiliki akses ke berbagai penyedia layanan yang mungkin menerapkan pembatasan untuk kepadatan yang berbeda dan pada waktu yang berbeda.

Sebagian besar wilayah sekarang melaporkan peningkatan konektivitas Internet.

Protes individu kudeta Myanmar

Sejarah kerusuhan di Myanmar
Pemerintah Myanmar sebelumnya telah membatasi Internet, terutama di daerah Rakhine dan Chin menyatakan, di mana militer memerangi kelompok lokal. Amerika Serikat adalah satu-satunya negara di dunia yang mampu melakukannya.

Pemerintah menggunakan pasal 77 Undang-Undang Telekomunikasi Myanmar, yang disahkan pada 2013, untuk memotong telekomunikasi selama keadaan darurat nasional.

Namun, kelompok-kelompok hak asasi manusia telah menyerukan agar undang-undang diamandemen untuk melindungi kebebasan berekspresi dan telah mengkritik penyebaran hukum secara luas.

Ada juga kekhawatiran bahwa informasi kesehatan tentang Coved-19 terbatas pada beberapa bagian negara, karena penutupan Internet pada tahun 2020.

Bagaimana pemerintah melakukan itu?
Pemerintah dapat menonaktifkan Internet dengan mewajibkan penyedia layanan Internet (ISP) untuk membatasi akses.

Ini dapat mencakup pemblokiran situs tertentu, seperti platform media sosial populer. Pesan seperti “Tak ada server yang ditemukan” atau “Situs ini telah diblokir oleh administrator jaringan.”

Metode lain dikenal sebagai “throttle” – ketika bandwidth untuk situs web terbatas, membuat Internet lambat dan membuat frustrasi untuk digunakan.

Akhirnya, penyedia telekomunikasi dapat mematikan semua akses internet.

Secara teori, sebuah perusahaan telekomunikasi bisa menentang perintah pemerintah. Tetapi di negara-negara di mana pemerintah mengendalikan media dan dapat mengancam untuk mencabut lisensi, kesediaan untuk mengusir tuntutan ini terbatas.

Baca Juga »  5 Aplikasi Melacak Lokasi Seseorang Tanpa Diketahui, Khusus Untuk Android dan iOS

Leave a Reply

Your email address will not be published.